Tuesday, November 25, 2014

Bedanya Karbon Aktif dengan Arang (charcoal)

Istilah karbon aktif akan banyak anda jumpai di water treatment, filter air minum, kolam akuarium dsb. Biasanya yang ada hubungannya dengan air pasti ada istilah karbon aktif. Namun apa sebenarnya karbon aktif itu? apa bedanya dengan arang yang biasa digunakan para tukang sate untuk memasak sate?

Yang membedakan karbon aktif dengan arang:
1. Proses pembuatannya.
    Sekilas arang dan karbon aktif tampak sama: berwarna hitam dan bahan dasarnya pun juga sama. Biasanya berupa kayu, batok kelapa atau batu bara. Namun, arang biasanya hanya dibakar biasa (panas sekitar 100 C) sedangkan karbon aktif itu diberi campuran asam lalu dibakar (dikukus) dengan suhu lebih dari 800C agar arang tersebut menjadi "aktif". Aktif disini artinya berpori-pori.

    
               Activated Carbon (atas) dan Arang (bawah)

2. Stukturnya.
    Dari strukturnya pun karbon aktif itu jauh berbeda dengan arang. karbon aktif=sangat murni dan berongga-rongga sangat banyak, sedangkan arang itu hanya seperti kayu yang terbakar dan masih ada campuran abu. Sebaik gambaran satu sendok teh karbon aktif itu memiliki luas permukaan seluar lapangan sepak bola.





    

3 comments:

  1. maaf gan. yang terakhir saya kurang faham.
    (Sebaik gambaran satu sendok teh karbon aktif itu memiliki luas permukaan seluar lapangan sepak bola.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab gan, luas permukaan disini maksudnya luas bidang yang bisa disebut permukaan. Satu bongkah batu besar memiliki luas permukaan lebih kecil dibanding luas permukaan 10 kg kerikil, karena 10 kg kerikil memiliki lebih banyak permukaan yang bisa dihitung. Kalau batu besar tadi dia hanya sebatas kelilingnya saja. Kalau 10 kg kerikil pasti tidak hanya memiliki 1 buah batu melainkan lebih banyak, makanya kemungkinan memiliki luas permukaan lebih besar

      Delete
  2. sama gan saya juga kurang paham yg bagian ini XD

    ReplyDelete